top
logo

 


 

Tentang Kami

Saran, kritik atau pertanyaan silakan dikirim ke:  cawan@kreditproperty.com, cawan41@yahoo.com


 

Pooling

Bank mana yang anda sukai KPR-nya kalau beli rumah?
 

Kalkulator KPR

Jumlah Pinjaman:

(Gunakan "." untuk desimal)
Jangka Waktu:
Tahun
Suku Bunga:
%
Pembayaran per bulan:
Rp
Total yang dibayar:
Rp

Belilah Rumah Mumpung Bunga KPR Sedang Rendah! PDF Print E-mail
Written by La Coga   
Tuesday, 08 May 2012 02:11

Kemarin, Bank Central Asia (BCA) meluncurkan bunga tetap KPR 8% selama 55 bulan yang bersifat produk promosi dengan masa berlaku hingga akhir bulan ini.
Kini, Bank Mandiri tampil tidak kalah bersaing dengan bunga tetap KPR 7,5% selama 2 tahun. Sebelumnya BNI dan BTN telah menggebrak pula dengan bunga pada kisaran 8% untuk fixed selama 2 tahun. Lebih istimewa lagi, BNI memiliki produk Grya Idaman yang mengadopsi pola cicilan progresif. Begitupun BTN mengembangkan produk KPR bertenor 25 tahun dengan tujuan bisa menekan tingkat cicilan KPR.

Ada beberapa bank lain yang juga agresif bermain di pasar KPR atau kredit rumah. Sebut saja Bank Permata, Bank CIMB Niaga, BRI, Bank Bukopin, BII hingga Bank OCBC NISP.
Sekarang bank penyedia KPR itu mulai berani menawarkan bunga KPR pada kisaran 8%-10%, meskipun sampai sejauh ini masih sebatas produk promosi yang sifatnya insindentil. Namun, kebijakan bunga rendah itu yang kalau boleh disebut masih sebagai produk gimmick pemasaran kredit itu untuk menggoda calon debitur- ternyata cukup tinggi direspon konsumen properti.
Baru-baru ini, Presdir BCA Jahja Setiaadmadja mengatakan KPR bunga promo 8%  untuk kredit di atas Rp250 juta yang ditawarkan BCA dicari banyak konsumen properti sehingga mampu mendorong pertumbuhan kredit konsumsi dalam jumlah cukup besar.
Saat itu, menurut dia, BCA menawarkan program KPR spesial itu hanya selama 2 bulan, tapi kemudian dilanjutkan lagi saat ini karena masih banyak yang meminta program yang sama.
Menurut Jahja, produk KPR milik BCA sangat fleksibel sehingga nasabah yang sudah habis masa tenggat ikut program bunga promosi, bisa melanjutkan dengan program bunga promo berikutnya.
"Kami juga punya kebijakan tidak ada bunga pinalti jika nasabah bermaksud mempercepat pelunasan utang pokok KPR," ujar Jahja pada 21 Februari lalu.
Manajemen BCA menargetkan penyaluran KPR pada tahun ini bisa naik mencapai Rp8 triliun-Rp9 triliun sehingga menaikan outstanding (akumulasi nilai KPR yang tersalur) menjadi Rp36 triliun.
Program KPR spesial itu terbukti mampu mendorong pertumbuhan kredit BCA, seperti yang terjadi pada tahun lalu yang tumbuh 55,5% dengan outstanding kredit KPR sebesar Rp28 triliun.
Hal yang sama juga dialami oleh BRI yang sempat meluncurkan produk KPR valentine berbunga 7,5% fixed selama 2 tahun.
Program KPR spesial BRI ini agak berbeda dengan KPR yang lain karena menawarkan dua pilihan promo, yaitu 7,5% untuk fixed selama 2 tahun dan bunga 9,75% fixed 3 tahun pertama.
BRI menjadi salah satu bank yang kini mulai agresif menyalurkan KPR bersama bank BUMN lain, seperti BTN, Bank Mandiri, dan BNI.
Besarnya minta perbankan untuk menyalurkan KPR mendorong tumbuhnya kredit properti dalam level cukup tinggi.

Belilah Rumah Sekarang
Perkembangan suku bunga kredit KPR saat ini merupakan yang terendah dalam sejarah penyaluran kredit perbankan di Indonesia.
Kondisi ini menjadi momentum bagi konsumen properti atau masyarakat yang ingin membeli rumah untuk mendapatkan rumahnya dengan KPR berbunga rendah. Tidak terlalu sulit untuk mengambil keputusan karena konsumen bisa memilih produk KPR yang paling cocok dengan dirinya untuk memilih bunga paling rendah atau bunga masih dalam kategori rendah tapi dengan jangka waktu bunga tetapnya lebih panjang agar lebih stabil dalam proses mencicil. Calon debitur KPR bisa memilih yang bunga tetap selama dua tahun atau lima tahun atau berapapun yang diinginkan sesuai dengan program yang tersedia pada perbankan.
Membeli rumah dalam kondisi bunga rendah seperti saat ini yang mungkin perlu diperhatikan konsumen adalah cermat memilih harga rumah yang ingin dibeli. Hukum besi harga rumah itu akan selalu pada saat bunga KPR rendah maka harga rumahnya cenderung naik. Jadi hati-hati menghitung harga rumah yang ditawarkan pengembang. Kendali membeli rumah ada di tangan pembli sehingga cermatlah memilih. Dengan banyaknya proyek perumahan yang muncul tentu menguntungkan konsumen sehingga sifat bebas memilih produk yang terbaik akan lebih terpenuhi. Jika anda merasa harga rumah di suatu perumahan terlalu mahal, maka anda bisa beralih mencari rumah yang lain untuk mendapatkan tingkat harga yang wajar sebelum dikredit dengan fasilitas KPR.
Lalu apa saja yang perlu anda ketahui untuk mengkredit rumah idaman anda? bank hanya memberikan kredit sekitar 80% dari harga rumah sehingga sisanya harus dibayar dengan nama uang muka. Bahkan mulai Juni tahun ini diberlakukannya kebijakan wajib uang muka 30% untuk kredit rumah dengan luas di atas 70 M2. Sebagai calon debitur maka harus bebas dari kredit macet atau kartu kredit macet karena kalau anda sedang bermasalah dengan dua hal itu maka dipastikan pengajuan KPR anda akan ditolak bank. Setiap nasabah yang bermasalah dengan kredit atau kartu kredit maka secara otomotis akan ada dalam daftar checking Bank Indonesia sehingga masuk daftar hitam di seluruh perbankan di Indonesia. Kalau anda bebas dari persoalan seperti itu, maka anda menjadi calon debitur yang layak mencoba mengkredit rumah idaman anda.

 

Last Updated on Friday, 11 May 2012 03:08
 

Add comment


Security code
Refresh

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini199
mod_vvisit_counterKemarin150
mod_vvisit_counterMinggu ini873
mod_vvisit_counterMinggu lalu1337
mod_vvisit_counterBulan ini6598
mod_vvisit_counterBulan lalu8340
mod_vvisit_counterSemua1115654
We have: 5 guests online
Visitors Counter

bottom

© Copyright 2011-2012